Anti Virus Berjalan Langsung

Virus, bikin frustasi; Hampir kebanyakan orang, akan memasang antivirus di komputernya, tapi namanya juga virus, masih bisa saja dia menginfeksi juga, biasanya sih karena 'dia' memanfaatkan keteledoran user yang sembarang ngeKLIK link di internet, atau anti virus yang jarang di UPDATE sehingga keahlian si antivirus dalam mengenali dan membersihkan virus tidak meningkat dan beragam faktor lain. Untuk itulah diperlukan 'antivirus cadangan' yang berguna untuk membersihkan komputer yang sudah terinfeksi virus. Antivirus cadangan tersebut haruslah di simpan dalam CD/DVD agar dia senantiasa sehat, jika dia diletakkan di Flasdisk atau harddisk eksternal, maka kemungkinan besar sesaat sebelum dia akan dijalankan, dia akan terkena infeksi lebih dulu sehingga tentu saja, ibarat dokter yang sedang sakit, akan lebih susah untuk menyembuhkan pasiennya. Syarat selanjutnya dari Antivirus cadangan adalah dia harus bisa dijalankan langsung [portable, tanpa install].

Dari aplikasi yang sudah pernah ane coba, antivirus yang layak dipunya sebagai antivirus cadangan adalah:

  1. McAfee AVERT Stinger
    Produk dari McAfee ini berlisensi FREE, dan ukurannya relatif kecil, sekitar 10MB. McAfee AVERT Stinger hanya digunakan untuk jenis virus tertentu, jadi kita harus mencari tahu dulu virus apa yang menjangkiti komputer kita, dan seri dari McAfee AVERT Stringer yang berapa yang harus digunakan. Jenis lain untuk antivirus khusus adalah Ramnit Killer, pembersih "sortcut"
  2. Portable ClamWin
    Antivirus yang bermesin ClamAV. ClamAV adalah engine dari antivirus yang berlisensi open source (GPL) [free] yang dirancang untuk mendeeksi Trojan, Virus, malware dan jebakan-jebakan betmen. Bisa mencari virus yang ada di lalulintas email, bisa scan dengan perintah command prompt, pokoknya nuansa teknis banget. Kalo agan berencana "membuat sendiri" antivirus, jangan lupa, tambahin mesin ClamAV biar tambah terlihat canggih.
  3. PCMAV
    Sebelum SMADAV, PCMAV berjaya didunia perantivirusan indonesia, sebenarnya PCMAV Free hanya untuk yang membeli Majalah PC Media, namun [setahu ane], Pihak PC Media sudah memberikan ijin ke beberapa bloger untuk mendistribusikan PCMAV ini, CMIIW lagi, PCMAV bisa dijalankan langsung tanpa perlu di install, namun karena dia bisa sebagai antivirus rumahan biasa [Realtime Protection], maka ketika menggunakan PCMAV sebagai Portable Cleaner, jangan sampai memberikan centang pada opsi "Real Time Protection". PCMAV sendiri memiliki dua versi, yakni Versi Realtime dan Versi Cleaner, berhubung ane sudah lama banget nggak pake PCMAV, maka opsi RealTime Protection pada seri PCMAV Cleaner perlu di cek lagi kebenarannya. PCMAV juga bisa diberikan jurus tambahan berupa Engine dari ClamAV, sehingga sodara akan punya satu antivirus dengan dua perguruan silat:D
  4. SMADAV
    Ane kenal SMADAV lebih dekat dari Alam [nama orang :D], di kantor ane dulu, semua PC menggunakan Kaspersky [lisensi original tentunya], namun dia tetep ngeyel untuk menggunakan SMADAV, emang terasa ampuh. Sama seperti PCMAV, jangan gunakan opsi "Realtime" sebab sebenarnya dia antivirus rumahan.
  5. ANSAV
    Sudah lama banget ane nggak pake ANSAV, terasa banget "suasana jogja"~nya kalo agan pake antivirus ini.

Jika anda ingin lebih kejam dalam menghajar virus, alternatih selain diatas adalah pake Operating System khusus antivirus yang berupa LiveCD jadi bentuk awal filenya dalam format ISO dan untuk menggunakannya harus di burning ke cd [menjadi LiveCD] atu di ekstrak ke Flasdisk [menjadi LiveUSB]; diantara yang sering ane pake adalah:

Cara membuat flashdisk agar bisa dipakai sebagai dewa penyelamat komputer agan, nanti ane bahas di tema lain.

thanks..

[sebagian informasi ini, ane dapatkan dari newest-download.blogspot.com, pendrivelinux.com danlainlain]

Kategori: 

Add new comment

CAPTCHA
mari kita ingat kembali masa-masa di TK dulu...
Target Image
By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.