FreeFileSync: untuk me-sinkron-kan data di dua komputer

Sepertinya jarang kondisi pekerjaan di kantor yang tidak membutuhkan lembur. Yang sering terjadi adalah membawa kerjaan kantor dalam flashdisk, kemudian dikerjakan di rumah. Jika file yang dikerjakan hanya satu atau dua, tidak ada kendala dalam proses copymengcopy file tersebut, namun jika pekerjaan terletak dalam banyak file, di banyak subfolder, maka akan sulit mencopy data untuk memastikan manamana file yang merupakan editan terbaru dan mana yang harusnya dihapus.

 Ane juga mengalami hal tersebut, dan ane menggunakan FreeFileSync, proram gratis yang cukup handal dalam menhandle masalah ini. Sebelumnya, ane menggunakan system ZIP, maksudnya, setiap selesai kerja, ane melakukan proses backup sehingga menjadi satu (atau dua file) dalam bentuk ZIP, baru di kopi ke flashdisk untuk nantinya di ekstrak di koimputer rumah. Kenapa harus di ZIP? sebab flashdisk lebih cepat mengcopy data dengan sedikit file daripada mengcopy data dengan banyak file walaupun keduanya berukuran total file yan sama (masalah Table of Content).

FreeFileSync akan mengsyncronkan file secara dua arah, berdasarkan tanggal file tersebut dibuat dan ukuran serta "catatan" dia sendiri yang sudah cukup pintar untuk menentukan file mana yang terbaru, file mana yang harus dihapus dan file mana yang harus ditambahkan. dengan FreeFileSync, ane cukup melakukan proses Syncron (dari komputer kantor ke Flashdisk) ketika ane mau pulang kerja. Setelah sampe di rumah, ane buka komputer rumah dan melakukan syncron (dari Flashdisk ke Komputer). setelah ane selesai lembur, ane melakukan proses syncron lagi (dari komputer rumah ke Flashdisk) agar besok ketika ane sampai kantor, filefile yang sudah ane kerjakan (yang sudah ane update, atau file baru yang ane tambahkan, atau file yang ane hapus) akan di proses juga di kantor sehingga datadata di komputer rumah akan sama persis dengan datadata di komputer kantor.

Proses Syncron terjadi dalamn tiga tahap saja:

Persiapan FreeFileSync
gambar diatas adalah tampilan awal FreeFileSync, agan cukup menentukan 2 folder yang akan dibandingkan. Secara default, folder yang dipakai adalah folder terakhir dimana proses sycron di jalankan. Untuk memulai proses, silahkan klik "Compare".

Hasil Compare FreeFileSync
ini adalah gambar setelah proses "Compare", jika ditemukan ada perbedaan antara data di komputer dengan data di flashdisk, maka filefile tersebut akan dimunculkan. Sampai pada tahap ini, kita diberi kesempatan untuk merubah status suatu file, misalnya kasusnya gini, ada beberapa file yang kita tidak ingin di rubah mungkin karena kita menganggap bahwa file terakhit yang kita edit, adalah malah bukan file yang kita inginkan, istilah lainnya membatalkan file tsb, maka disinilah saatnya kita pilih apakah file tersebut akan di update, atau file tersebut akan dihapus, atau file tersebut dibiarkan apaadanya. Jika sudah yakin mau melakukan singkron, klik "Synchronize"

Hasil Compare FreeFileSync
sebelum proses "Synchronization" dimulai, kita masih diberi warning, seperti konfirmasi, jika yakin, maka klik "Start". Informasi yang tampil cukup lengkap, mencakup jumlah file yang di tambahkan (simbol panah & plus), yang di update (simbol panah saja) dan yang dihapus (simbol tongsampah).

Hasil Compare FreeFileSync
Done!
Datadata antara dua komputer sudah sama..

Sumber

Kategori: 

Add new comment

CAPTCHA
mari kita ingat kembali masa-masa di TK dulu...
Target Image
By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.