Komputer Nyetrum?

220px-HomeEarthRodAustralia1.jpgPernah merasakan setrum akibat memegang Casing komputer? Khususnya ketika tidak sedang beralas kaki? Memang tidak terlalu besar, tapi cukup membuat terkejut. Sebelum kita membicarakan cara mengatasi, terlebih dahulu kita usut sebab-sebab kenapa casing bisa teraliri listrik walaupun kecil.

Setiap peralatan listrik membutuhkan grounding, sistem pentanahan yang berfungsi untuk meniadakan beda potensial sehingga jika ada kebocoran tegangan atau arus akan langsung dibuang ke bumi. Ground berfungsi untuk:

  1. Perlindungan dari tegangan tinggi
    Grounding dalam sistem instalasi listrik berungsi untuk mengurangi atau menghindari bahaya yang disebabkan oleh tegangan tinggi.misalnya bahaya petir dengan tegangan tinggi
  2. Penstabil tegangan
    Grounding dapat berfungsi untuk menstabilkan tegangan pada banyak sumber tegangan. Jika tidak terdapat titik referensi umum untuk semua sumber tegangan, akan terjadi kesulitan antar masing-masing hubungan.
  3. Mengatasi arus yang lebih
    Grounding juga berfungs untuk mengatasi arus yang berlebih, karena sistem grounding ini menyediakan level keselamatan baik kerusakan peralatan atau manusia

Casing nyetrum, bisa saja terjadi akibat (1) adanya kabel yang mengelupas dan menyentuh body dari komputer yang akhirnya setrum bebas mengalir ke casing. (2) adanya komponen elektro yang tidak bekerja maksimal. (3) sumber listrik yang kurang halus (listrik tidak stabil, naik dan turun sesuka hati).
Casing nyetrum, terjadi karena tidak adanya instalasi grounding di rumah, untuk mengetahui apakah jaringan instalasi listrik sudah bergrounding gampang banget, yakni jumlah kabel yang digunakan, pakah sudah pake 3 kabel. Biasanya tukang pemasang listrik, atao pemborong rumah, hanya memberikan 2 kabel saja dalam instalasi rumah. 2 kabel tersebut terdiri dari phase (nyetrum) dan nol (tidak nyetrum). Keduanya kalao dilihat di stopkontak, berada diGrounding-Stop-Kontak.jpg kedua lubang stop kontak. Padahal ada kabel ketiga yang harusnya dipasang, yakni kawat yang ada di gambar sebelah kanan.
Jika sudah menggunakan 3 kabel (dari meterean listrik sampe komputer), maka sekarang kita bisa yakin bahwa casing komputer kita sudah terhubung dengan ground. Jika sudah terhubung dengan ground, kita juga yakin (perlu di test juga) bahwa casing tidak akan nyetrum.

Jika komputer dipakai di kostkost~an atau kontrakan dan tidak memungkian untuk mengganti instalasi listrik rumah, solusi kéréhoré yang bisa dicoba adalah menggunakan pake kawat. pake ditancapkan ke tanah (atau tembok, jika tidak memiliki "tanah") dan dari paku tersebut di sambung ke casing menggunakan kawat. gampang kan?

nah sodara, sebab utama yang utama dalam dunia persetruman adalah ground. Jadi, selain untuk menghndari nyetrum, pemasangan ground juga akan memperawet komputer kita, memperaman aset kita...

sumber: satu, dua dan tiga.

Kategori: 

Add new comment

CAPTCHA
mari kita ingat kembali masa-masa di TK dulu...
Target Image
By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.