Membaca file ZIP tanpa di ekstrak

Kenapa harus di kompres?
Sebenarnya bukan karena file-file kita sedang kepanasan atau demam, sebab walaupun media penyimpan sekarang sudah sangat murah-murahnya, tetapi proses kompresi masih memiliki keunggulan-keunggulan yaitu:

  1. Ukuran File menjadi kecil
    Dengan ukuran yang bisa hanya seperempat dari file aslinya, akan banyak menghemat tempat sehingga flashdisk yang kapasitas hanya 4 giga bisa menampung file dokumen yang seukuran 16 giga. untuk filefile tertentu misalnya gambar dan video, proses kompresi ini tidak banyak 'menghemat' ukuran karena struktur file~nya sudah padat.
    Karena alasan ini pulalau, ketika file sudah berukuran kecil, maka akan memudahkan bila hendak melakukan proses backup atau memindahkan data.
  2. Jumlah file menjadi sedikit
    Sehingga nggak perlu pusing-pusing ngeBlok file, trus copy tau kemudian upload.
  3. Mencopy 1 File dengan ukuran 4Gb adalah jauh lebih cepat dari pada mencopy 100 file dengan total ukuran 4Gb,
    hal ini karena komputer akan perlu membikin semacam daftar isi (Table Of Content) ynag tentu saja akan memperlambat proses transfer data.
  4. Lebih aman dari serangan virus, atau serangan akibat keteledoran manusia yang menghapus atau mengedit file-file tertentu yang seharusnya tidak dihapus.

Kelamahan pengaturan file menggunakan kompresi adalah adanya proses "ekstrak", jika yang dibutuhkan hanya satu file saja, windows bisa menghandle permasalah ini, tinggal buka file *.zip maka akan terpampang isinya dan langsung bisa di "double klik"; tapi bagaimana jika isinya "Buanyak"?

Gampang sodara, file yang terkompres tersebut di jadiin DRIVE saja, terserah mau minta drive apa, bisa Drive A, Drive B dab seterusnya selain drive C dan Drive D dan Drive E.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik kanan file zip yang akan dibuka dan pilih Mount
  2. Tentukan menjadi Drive apa zip tersebut,:
    http://i573.photobucket.com/albums/ss178/wismbuh/cetroid/option.png
  3. Jumlah Harddisk (Drive) Komputer sodara akan bertambah satu:
    netwok
    dan bisa di explorer seperti bukan file zip saja :-)
  4. dan jika sudah tidak dipakai lagi, tinggal di UnMount (di EJECT kalo istilahnya flashdisk)
    http://i573.photobucket.com/albums/ss178/wismbuh/cetroid/unMount.png

kesimpulannya, silahkan dicoba menggunakan programprogam salah satu berikut, dan yang digunakan sebagai gambar diatas adalah Pismo File Mount.

Add new comment

CAPTCHA
mari kita ingat kembali masa-masa di TK dulu...
Target Image
By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.