Mengganti database di Drupal (MySQL, SQLite)

SQLite Logo [buschmann23.de]

Drupal dapat menggunakan database MySQL, SQLite dan PostgreSQL (juga Microsoft SQL Server, Oracle maupun MongoDB namun dengan bantuan modul). Pemilihan database tentu saja selain masalah selera, juga didasarkan pada server. Bisa jadi suatu server akan lebih cepat proses jika menggunakan database tertentu sehingga diperlukan migrasi database.

Kasus lain yang "memaksa" untuk memindah database adalah ketika hendak memindahkan website dari production ke live server, dimana banyak developer yang dalam masa pembuatan website menggunakan SQLite dengan alasan kepraktisan karena hanya database hanya tersimpan dalam satu file saja. Penggunaan SQLite banyak karena disebabkan kemudahan memindahkan dari satu server ke server lain tanpa perlu install atau membuat database baru, cukup mengcopy semua folder maka aplikasi sudah bisa dipindahkan.

Ada dua modul yang bisa digunakan untuk melakukan migrasi database, yaitu DBTNG (D6) dan DBTNG Migrator (D7). Dalam artikel ini, materi yang dibahas hanya sebatas DBTNG Migrator saja.

Langkah-langkah yang perlu dilalui:

  1. Install modul DBTNG Migrator (versi saat ini adalah 7.x-1.4) dan buat menjadi aktif.
  2. Buat database (jika di live server, gunakan cpanel, tentu saja).
  3. Buat database connection dengan meerubah file sites/default/setting.php
  4. Buka DBTNG Migrator melalui admin/structure/dbtng-migrator dan jika sudah muncul dua database, klik MIGRATE untuk memulaui proses migrasi.
  5. Jadikan database tujuan menjadi database utama.
  6. Selesai, jalankan clear cache, cron dan update jika diperlkan