QRCode, bergunakah?

QRCode, mungkin sama dengan barcode, sandi rumput, atau sandi morse; kumpulan balok aneh seperti pola kristik yang nggak bakalan bisa dibaca tanpa alat bantu. Dibandingkan dengan barcode, QRCode memiliki kelebihan yakni:

  1. Data yang disimpan dalam satu QRCode menampung lebih banyak karakter karena dia tersusun tidak hanya secara vertikal namun horisontal, sehingga ukuran QRCode jauh lebih kecil.

  2. QRCode dapat dibaca tanpa alat khusus, cukup dengan camera handphone + aplikasi pembaca barcode.

  3. Selain kapasitas data yang disimpan lebih banyak, jenis data yang dimasukkan juga beragam termasuk hurup kanji dan beberapa keunggulan lain.

Memang saat ini yang paling populer adalah barcode, yang sudah berada di produkproduk yang dijual di supermarket sehingga kasir tidak perlu mengetik kode, kasir hanya cukup "menembakkan" (baca mengarahkan) barcode scanner alias pemindai, maka dalam beberapa detik, kode akan nongol di komputer, sepertinya barcodescanner-lah yang mengetik deretan angka (dan huruf) tersebut dengan tingkat kesalahan yang sangat kecil. Namun QRCode sudah berkembang tidak hanya untuk keperluan tersebut, yang secara umum pemakaian QRCode dibagi menjadi:

  1. text: QRCode disini tidak jauh bedanya dengan barcode biasanya, hanya berupa teks

    Jika QRCode jenis TEXT di scan, maka tampilan di handphone akan muncul teksnya dan pilihan apakah kita akan melakukan googling atau share. Pemakaian seharihari, mungkin perlu dicoba bagi para alay, bikin kaos dengan nama, atau sapaan ditulis dalam bentuk QRCode
  2. Text dengan penambahan kode tertentu sehingga ketika dibaca oleh alat, maka alat akan mendeteksi jenis isi dari QRCode yang akan dipakai untuk menyarankan kepada pemindai, pilihan apa yang bisa dilakukan.
    • phonenumber: jika qrcode ini dipindai, maka akan muncul nomer telephone dan terdapat pilihan untuk melakukan panggilan, maupun menyimpan.
      isioriginal: TEL:085715457000
    • sms: jika QRCode ini dipindai, maka pemindai tinggal klik "Send" maka langsung mengirimkan sms ke nomer yang sudah diatur dan dengan isinya sekalian.
      contoh penerapan yang mungkin bisa dijalankan adalah pemesanan makanan di kereta. Pihak Reska (pengelola restoran di kereta) harus menerbitkan daftar menu, plus QRCode. Daftar tersebut harus unik per kursi agar seseorang yang hendak memesan makanan, dapat diketahui jenis makanan yang diminta dengan lokasi gerbong + nomer kursi.

      isioriginal: SMSTO:085715457000:G06K14C:NASGOR
      tampilan konfirmasi sebelum sms dikirim:
    • email:seperti halnya sms, tapi ini dalam bentuk email.
      isioriginal: MAILTO:be@cetroid.com
    • vcard dan mecard (Entri PhoneBook): kartu nama jaman sekarang, bisa ditambahkan QRCode agar seseorang yang membaca kartu nama dan ingin menyimpannya ke dalam HP, cukup dengan memindai QRCode maka data akan terpampang di layar HP dan pilih SAVE! cepet dan akurat!

      dan jika di pindai, akan muncul di layar HP kurang lebih seperti ini:

      isioriginal:MECARD:N:CetroiD.com;TEL:085715457000;URL:facebook.com/cetroid;
      EMAIL:be@cetroid.com;NOTE:Software House;;

    • Jadwal: ilustrasinya begini: misalnya dalam suatu instansi akan mengadakan acara, maka dalam undangannya bisa di temepelkan QRCode yang berisi EVENT tersebut, sehingga penerima undangan yang mau memasukkan jadwal tersebut ke dalam "ALARM" hpnya, cukup memindai saja, tak perlu mencatat kapan dan dimananya acara tersebut di gelar. Misalnya:

    • geolocation: sodara mau bikin undangan tapi bingung untuk menggambar peta (untuk dilampirkan di undangan sodara) ?
      gunakan QRCode yang berisi geolocation, koordinat long&lat (angka ini bisa sodara dapatkan di googlemap, atau pake handphone yang ada GPSnya), maka para tamu yang akan mendatangi undangan sodara cukup memindai QRCode, maka akan tampil peta, bahkan bisa mengarahkan jalur mana yang harus ditempuh undangan tersebut sesuai dengan lokasi mereka masingmasing berada jika tamu undangan sodara memiliki handphone yang ada GPSnya.
      isioriginal: geo:-8.231249,114.347141

    • wifi: untuk pengguna android, dengan adanya QRCode berjenis WiFi ini, jika sodara hendak nebeng internet, tidak perlu menanyakan password untuk jaringan WiFinya, cukup memindai QRCode, anda akan terhubung ke internet.
      Cocok untuk Cafe yang menyediakan WiFi Gratis. Biasanya, WiFi gratis (yang berpassword), memaksa pengunjung untuk mendatangi kasir dan menanyakan passwordnya apa, ngggak keren.. Coba kalo pengelola Cafe membuat QRCode WiFi ini, dan mencetaknya setiap minggu, atau setiap hari dan di tempel di tempat kasir, atau QRCode otomatis dicetak di struk belanjanya, mantab kan?

    • bb pin: untuk memberikan PIN kepada pengguna BB lain sehingga nggak perlu menyebutkan PIN yang kadangkadang angkanya tidak cantik.
    • url: memberikan alamat url agar user tidak perlu mengetikkan URL lagi di HPnya. URL bisa berisi facebook profile, blog, alamat film di youtube dsb,
Kategori: 

Add new comment

CAPTCHA
mari kita ingat kembali masa-masa di TK dulu...
Target Image
By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.