"Travelling Without Moving"-nya kamera (Zoom Optik tanpa Pergerakan, red.)

Agan kenal Jamiroquai, dia adalah pemusik jaz idolanya teman ane, sewaktu kuliah di UGM (maksudnya: teman ane, ane nggak tahu Jamiroguai kuliah dimana), satu-satunya judul yang ane ingat adalah Travelling Without Moving. Ane sampai saat ini belum yakin apa arti sebenarnya.

Pagi ini, ane baca berita bahwa samsung dengan brand Galaxy S4 (diatas S3, S3 diatas S2 dst), memamerkan Samsung Galaxy S4 Zoom. Produk ini tercipta karena adanya 'keresahan' user yang senantiasa berfikir bahwa kamera yang ada di ponsel tidak sebaik kamera biasa karena:

  1. Reaksi pemotretan jauh kalah cepat dengan kamera biasa
  2. Tidak Optical Zoom (adanya Zoom yang Digital saja)

Gambar diatas bukanlah kamera (saja) melainkan smartphone berOS Android ciptaan Samsung. Tapi koq zoom optic~nya seperti itu? Harus nongol dan harus maju mundur agar bisa melakukan pembesaran gambar?

Samsung Gaaxy S4 Zoom

Padahal adanya Optical Zoom model seperti itu, riskan rusak, bayangkan saja kalau lagi dikantongin, dan tibatiba ngezoom sendiri, wah, bisa heboh orang sekereta. Ane ingat kamera saku buatan sony (cuman lupa type berapa), yang jelas, zoom opticnya model lipat, lipat kedalam body kamera, sehingga tidak ada yang menonjol sama sekali (folder lens).

Sony Cybershot DSC TX66

Body depan dari kamera saku ini, rata, dan akan senantiasa rata karena optik~nya ketika bekerja ngezoom, akan masuk kedalam, bukan masuk ke luar.

Sony Cybershot DSC TX66

Memang. optical zoom~nya cuman 3x, tapi ane milih ini saja, lebih keren..